Header Ads

Ternyata Ini Penyebab Haid Menjadi Tidak Teratur


Mau tahu faktor apa saja yang menjadi penyebab haid menjadi tidak teratur? Mungkin kondisi seperti ini sering menimpa kaum wanita dan menjadi tanda tanya, apa benar seperti itu ladies?

Ladies sebelum sebelum telah kita bahas mengenai penyebab nyeri haid dan cara mengatasinya, makanan untuk meringankan rasa nyeri dan melancarkan haid serta 7 cara ampuh menghilangkan nyeri saat haid. Datang bulan tidak teratur dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita, sulit untuk memiliki keturunan, kesehatan alat reproduksi yang terganggu dll.

Amenorrhea merupakan suatu kondisi tidak terjadinya haid pada seorang wanita yang bersifat sementara atau menetap. U Sedangkan istilah oligomenorrhea adalah suatu kondisi dimana masa haid menjadi panjang dari normal atau lebih dari 35 hari, akan tetapi jumlah keluar darahnya tetap sama.

Penyebab Haid Menjadi Tidak Teratur


Dari kedua istilah tersebut merupakan terminologi yang di tujukan sebagai gangguan atau datang bulan yang tidak teratur. Untuk kondisi Amenorrhea sendiri terbagi kedalam 2 bagian yaitu :
  • Amenorrhea primer yaitu kondisi ini terjadi wanita yang sebelumnya tidak pernah mengalami haid pada usia 16 tahun. Gejala sepeti ini dapat di akibatkan karena kelain genetik atau kondisi kesehatan (medis).
  • Amenorrhea sekunder yaitu  kondisi dimana tidak terjadinya masa haid dalam periode 3 kali masa secara berurutan dalam kurun waktu lebih dari 6 bulan, gejala jenis ini di sebabkan karena ketidak suburan atau osteoporosis.

Lalu faktor apa sajakah yang dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur? Oke untuk lebih lengkapnya simak langsung uraian sederhana berikut ini.
  1. Adanya gangguan secara hormonal.
  2. Konsumsi obat-obatan tertentu.
  3. Masa pubertas atau hampir menopause.
  4. Penggunaan alat kontrasepsi, co : KB.
  5. Terjadinya perubahan pola hidup misal : olaharaga yang berlebih, adanya penurunan atau peningkatan berat badan secara drastis dan stres.
  6. Faktor genetic misal turner syndrome, Dysgenesis gonad, congenital adrenal hyperplasia atau PCOS.
  7. Faktor yang terakhir yaitu kondisi abnormal yang terjadi pada sistem reproduksi, sebagai contoh : kehamilan, endometriosis, kanker serta pituitari).

Jika kondisi tersebut terjadi pada anda, maka hal yang harus di perhatikan yaitu dengan mengubah pola hidup. seperti olahraga secara teratur dan rutin, hindari banyak pikiran atau stres, mengatur pola makan ( diet sehat ). Apabila anda belum juga mengalami siklus haid saat berusia 16 tahun atau anda tidak mengalami siklus haid dalam periode 6 bulan, padahal anda tidak sedang dalam masa kehamilan atau menopause. Maka sebaiknya anda harus berkonsultasi secara rutin dan teratur pada dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan penanganan secara tepat.

Demikianlah artikel menarik yang dapat anda ketahui yang berjudul 7 penyebab haid menjadi tidak teratur. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya para wanita.  Nah, agar lebih bermanfaat lagi jangan lupa bantu share juga ya keteman-teman yang lainnya juga.

No comments

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.